Page 44 - KSP 2024-2025
P. 44
TAHUN 2023 2024/2025
KOSP SMK PERTIWI KUNINGANSP SMK PERTIWI KUNINGAN
K TAHUN PELAJARAN
BAB III
RENCANA
PEMBELAJARAN
A. Alur Tujuan Pembelajaran
Penyusunan rencana pembelajaran diawali dengan analisis capaian pembelajaran pada
masing-masing mata pelajaran, selanjutnya dituangkan dalam bentuk tujuan
pembelajaran, kemudian diturunkan menjadi alur tujuan pembelajaran, pada tahap akhir
pembelajaran disusun modul ajar dan pengembangan bahan ajar.
Gambar 3.1 Rencana Pembelajaran
Pada tahap pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring. Standar
strategi pembelajaran yang ditetapkan disusun berdasarkan prinsip untuk memberikan
pengalaman belajar yang bermakna dengan melibatkan pemahaman semua bagian
konsep yang dipelajari dan berkaitan satu sama lain. Strategi ini diharapkan membuat
pembelajaran bersifat aktif, konstruktif, dan melibatkan pelajar dalam proses
pembelajaran.
B. Modul Ajar
Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah,
dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang
memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang
lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.
1. Konsep Modul Ajar
a. Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana
pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran
mencapai Capaian Pembelajaran (CP).
b. Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka
modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut
memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.
HALAMAN 36